STUDI BANDING ILMU EKONOMI SYARIAH IPB DENGAN EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS AIRLANGGA

STUDI BANDING ILMU EKONOMI SYARIAH IPB DENGAN EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS AIRLANGGA 

 

Pada hari Sabtu (15/10), prodi Ekonomi Islam mengikuti acara studi banding dengan Ilmu Ekonomi Syariah Institut Pertanian Bogor (IPB). Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB, Bapak Dr. Asep Nurhalim, Lc, Mpdi. dan dilanjut dengan sambutan dari Ibu Dr. Sri Herianingrum, SE,. M.S, Ketua Departemen Ekonomi Islam Universitas Airlangga. Selanjutnya, kegiatan silaturahmi tersebut dibuka dengan penayangan video dari kedua departemen.

 

 

Kegiatan setelahnya ada sharing session dari kedua departemen yang dimulai dari IPB. Ibu Laily Dwi Arsyianti, Dr., SE, M.Sc, selaku Sekretaris Departemen menjelaskan mengenai mapping kurikulum yang menyesuaikan dengan kurikulum Kampus Merdeka. Departemen Ilmu Ekonomi Syariah juga mengadopsi sister mayor dan minor. Dimana mayor adalah mata kuliah yang diampu dan minor adalah mata kuliah di luar program studi yang wajib diampu oleh tiap mahasiswa. 

 

 Setelahnya dilanjutkan pemaparan dari Ekonomi Islam yang dibawa oleh Bapak Sulistya Rusgianto S.E., M.I.F., Ph.D. Beliau memaparkan mengenai jurusan Ekonomi Islam yang tiap tahunnya selalu melakukan kerja sama dengan lembaga regional dan nasional seperti Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam, serta kampus internasional, seperti Universiti Malaya dan Universitas Sains Islam Malaysia. Departemen Ekonomi Islam juga mengembangkan strategi Sustainable Education for All, yang dimana pendidikan menjadi inti dari aktivitas kegiatan maupun program departemen. Dijelaskan juga departemen mencoba untuk mendirikan integrated lab yang nantinya berfokus pada islamic finance, social finance, serta sociopreneur.

 

Setelah itu, kegiatan silaturahmi antar dua jurusan tersebut ditutup dengan sesi tanya jawab. Baik dari Ilmu Ekonomi Syariah IPB maupun Ekonomi Islam UNAIR setuju dalam bekerja sama dalam melakukan penelitian produk halal sampai publikasi jurnal. Acara pada siang itu ditutup dengan penampilan dari Ilmu Ekonomi Syariah IPB dan foto bersama.

Hits 1101