Sejarah Departemen & Prodi

Dengan akreditasi “A” yang didapatkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga membuktikan bahwa FEB merupakan salah satu fakultas yang berpengaruh di Indonesia, khususnya dalam arus perkembangan ilmu ekonomi.

Sebagaimana fungsinya sebagai tolok ukur atau pusat perkembangan ilmu ekonomi, maka FEB Unair merespon perkembangan ekonomi Islam dengan mendirikan Departemen Ekonomi Islam yang merupakan departemen ekonomi islam dan jurusan ekonomi Islam (S1) pertama di Indonesia.

Gedung FEB

Program Studi Ekonomi Islam berawal dari sebuah konsentrasi keilmuan yang menginduk pada Departemen Ilmu Ekonomi. Kemudian pada tahun 2006/2007 berubah menjadi Minat Studi Ekonomi Islam, dan akhirnya pada tahun 2007/2008 ditetapkan menjadi Program Studi Ekonomi Islam. Data pada TriSemester-3 (tahun 2006), saat berdirinya Minat Studi Ekonomi Islam, jumlah mahasiswa sebanyak 23 orang. Proses rekrutmen mahasiswa tersebut berasal dari pindahan atau mahasiswa yang alih jalur dari tiga Program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair ke Minat Studi Islam. Pada tahun 2007/2008 tersebut Departemen Ekonomi Syariah mulai menerima mahasiswa baru melalui jalur PMDK. Dan pada tahun 2010 mulai menerima mahasiswa dari jalur PMDK dan SNPTN.

Pada tahun 2007/2008 (TriSemester-2) Departemen Ekonomi Syariah menerima mahasiswa baru sejumlah 67 orang melalui jalur PMDK umum dan prestasi. Sebagai sebuah konsentrasi baru dalam sebuah ilmu ekonomi, respon masyarakat cukup baik. Hal ini terbukti peminat Program Studi Ekonomi Islam pada Departemen Ekonomi Syariah sangat banyak, yang dapat dilihat dari jumlah peminat yang mengikuti seleksi melalui jalur PMDK. Pada tahun 2007/2008 jumlah calon peminat yang ikut seleksi sebanyak 784 orang dengan tingkat keketatan 1:12,04. Tahun 2007/2008 menjadi “milestone” bagi Departemen Ekonomi Syariah untuk mengembangkan diri. Sesuai dengan daya tampung dan tingkat keketatan, maka persaingan calon mahasiswa peminat Program Studi Ekonomi Islam maupun jumlah yang lulus seleksi masih terbatas.

Selanjutnya pada tahun 2008/2009 (TriSemester-1) jumlah peminat sebanyak 1005 dengan jumlah penerimaan sebanyak 84 orang, meningkat sebesar 28% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2009/2010 jumlah peminat meningkat lebih banyak, yaitu 75% atau berjumlah sebesar 1789 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 100 orang lulus seleksi, sedangkan yang mendaftar ulang pada Departemen Ekonomi Syariah adalah sebanyak 98 orang.

Grafik penerimaan mahasiswa Departemen Ekonomi Syariah

Program Studi Ekonomi Islam Departemen Ekonomi Syariah sudah mengawali kelulusan mahasiswa 3 orang, kemudian diperkirakan akan meningkat pada semester berikutnya. Kelulusan dan rencana kelulusan pada mahasiswa tersebut pada dasarnya berasal dari mahasiswa transfer tahun 2006

Berdasarkan SK Rektor Nomor 9935/JO3/HK/2007 tentang Jenis dan Nama Departemen di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis tanggal 22 Oktober 2007 dan juga tuntutan perkembangan, maka Departemen Ekonomi Syariah mulai mengelola Program Studi S2 Ekonomi Syariah.

Saat ini departemen menyelenggarakan program pendidikan jenjang Sarjana atau Strata 1 (S1), Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3) serta sedang mengembangkan program pendidikan sertifikasi profesi di bidang ekonomi Islam. Metode pengajaran dirancang secara komprehensif yang menggabungkan perkembangan ilmu pengetahuan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat, sehingga menghasilkan profesional yang bukan hanya mampu mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu ekonomi Islam, tetapi juga memiliki landasan nilai dan etika yang islami.

[]

8 Responses to Sejarah Departemen & Prodi

  1. blog page rank 1 do follow on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    blog page rank 1 do follow…

    ulplqubqp nvprf bhblpoz fkum ryoyeloudjrffvh…

  2. http://www.duo-residencesms.com on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    … [Trackback]…

    [...] Read More here: syariah.feb.unair.ac.id/?page_id=8 [...]…

  3. www.australia108condo.com on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    … [Trackback]…

    [...] Read More: syariah.feb.unair.ac.id/?page_id=8 [...]…

  4. www.marina1sg.com on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    … [Trackback]…

    [...] Informations on that Topic: syariah.feb.unair.ac.id/?page_id=8 [...]…

  5. marinebluecondosg.com on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    … [Trackback]…

    [...] There you will find 39478 more Infos: syariah.feb.unair.ac.id/?page_id=8 [...]…

  6. Seventy St Patricks floor plan on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    … [Trackback]…

    [...] Read More Infos here: syariah.feb.unair.ac.id/?page_id=8 [...]…

  7. Panorama price on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    … [Trackback]…

    [...] Informations on that Topic: syariah.feb.unair.ac.id/?page_id=8 [...]…

  8. content marketing on %A %B %e%q, %Y at %I:%M %p

    … [Trackback]…

    [...] There you will find 91718 more Infos: syariah.feb.unair.ac.id/?page_id=8 [...]…



Kontak

DEPARTEMEN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS AIRLANGGA

Jalan Airlangga No. 4
SURABAYA 60286 [Lihat Peta]
Telp. (031) 503 3642,
(031) 503 6584 Ext. 144
Fax. (031) 502 6288
Email: syariah@feb.unair.ac.id
CP.: Sdri. Didin

Profil Departemen