Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer

31/10/2011
By

Judul: Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer
Subjudul: Analisis Komparatif Terpilih
Penerjemah: Drs. Ec. H. Suherman Rosyidi, M.Com.
Penulis: Mohamed Aslam Haneef
Penerbit: Airlangga University Press, Surabaya, 2008
ISBN:
Tebal: 212 hal

Ekonomi Islam selama ini hanya dilihat sebagai satu disiplin ilmu yang tumbuh sebagai reaksi terhadap permasalahan dan pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat, setelah disiplin keilmuan ekonomi konvensional –yang pada umumnya berasal dari pemikiran “Barat– dianggap tidak dapat menyelesaikan masalah.

Buku ini berisi analisa dan perbandingan terhadap pandangan sejumlah ekonom Islam terhadap beberapa aspek utama sistem ekonomi umum, dalam rangka mencari alternatif pengembangan ekonomi Islam ke arah lebih orisinil dan sistematik. Penulis buku ini melakukan komparasi terhadap pemikiran keenam ahli ekonomi Islam a.l. M.A. Mannan, M.N. Siddiqi, S.N.H. Naqvi, S. M. Taleghani (almarhum), dan M. Baqir As-Sadr (almarhum) dan Monzer Kahf.

Melalui pendekatan komparatif, penulisnya menyajikan sebuah pendekatan baru bagi analisis pembelajaran dan pengembangan ekonomi Islam, sehingga disebut sebagai Ekonomi Islam kontemporer. Ia mempertahankan gaya argumentasi dan penyajian masing-masing pemikiran-pemikiran tersebut, sekalipun ada perbedaan waktu penulisan. Penulis juga menambahkan komentar konstruktif dari Dr. Timur Kuran dari University of Southern California dan Ken Cole dari University of East Anglia.

[]



Kontak

DEPARTEMEN EKONOMI SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS AIRLANGGA

Jalan Airlangga No. 4
SURABAYA 60286 [Lihat Peta]
Telp. (031) 503 3642,
(031) 503 6584 Ext. 144
Fax. (031) 502 6288
Email: syariah@feb.unair.ac.id
CP.: Sdri. Didin

Profil Departemen